10 Makanan Khas Daerah Beserta Asalnya

10 Makanan Khas Daerah Beserta Asalnya yang Wajib Anda Ketahui

Ogniwo Artikel – Makanan khas daerah adalah makanan yang hanya ada dan khas di salah satu daerah tersebut. Di Indonesia tentu banyak sekali makanan khas daerah yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Anda harus mengetahui berbagai makanan khas tersebut. Berikut 10 makanan khas daerah beserta asalnya:

  1. Rendang dari Sumatera Barat

Makanan khas ini terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan santan kelapa serta bumbu rempah khas Indonesia yang sangat bervariasi. Proses pembuatannya pun membutuhkan waktu berjam-jam hingga rasanya gurih dan nikmat.

Bacaan Lainnya
  1. Otak-otak dari Kepulauan Riau

Makanan khas ini terbuat dari bahan dasar seafood yang dimasak, diolah, dan dibungkus menggunakan daun pisang. Makanan dari hasil laut ini tak jarang disukai banyak orang, bahkan ada beberapa orang yang melakukan modifikasi makanan khas daerah ini.

  1. Mie Bangka dari Bangka

Mie Bangka berbahan dasar mie yang dicampurkan dengan kuah yang terbuat dari bumbu ikan, udang, atau cumi. Kemudian bisa ditaburi kecambah dengan lalapan mentimun.

  1. Sate Bandeng dari Banten

Seperti namanya, Sate Bandeng terbuat dari ikan bandeng yang tidak memiliki duri dan teksturnya yang sangat empuk.

  1. Serabi dari Jawa Barat

Serabi memiliki cita rasa yang manis dan terbuat dari tepung beras yang dipanggang. Seiring dengan berkembangnya zaman, makanan khas daerah di Indonesia ini kini telah dilengkapi dengan berbagai topping yang lezat dan menggoda.

  1. Ayam Betutu dari Bali

Ayam Betutu menjadi salah satu dari 10 makanan khas daerah beserta asalnya yang wajib Anda ketahui. Ayam Betutu ialah lauk yang berbahan dasar ayam atau bebek utuh yang terisi bumbu, lalu dipanggang dalam api sekam.

  1. Soto Banjar dari Kalimantan Selatan

Soto Banjar terbuat dari daging ayam yang dicampur dengan bumbu rempah yang aromanya sangat khas. Sebagai pelengkap, biasanya ditambahkan perkedel dan kentang rebus.

  1. Kaledo dari Sulawesi Tengah

Kaledo berasal dari bahasa penduduk Palu, Ka artinya keras, sedangkan Ledo artinya tidak. Makanan khas ini wajib Anda coba yang bentuknya sangat mirip dengan sop buntut, tapi uniknya disajikan dengan ubi.

  1. Kue Cucur dari Sulawesi Barat

Kue cucur menjadi khas makanan daerah yang cukup dikenal oleh hampir sebagian wilayah di Indonesia. Bahan dasar yang digunakan yakni tepung beras dan gula merah yang dijadikan adonan. Kemudian dibentuk bulat pipuh, lalu digoreng.

  1. Ayam Taliwang dari NTT

Makanan khas ini menggunakan bahan dasar daging ayam yang dibakar dengan bumbu dan rempah, kemudian disajikan bersama bumbu tambahan, dan menu tambahan seperti plecing kangkung.

Itulah 10 makanan khas daerah beserta asalnya yang wajib Anda kenali. Dengan demikian, tantangan makanan khas daerah yang semakin lama semakin digeser oleh makanan modern, bisa kita minimalkan. (*)

Baca Juga: Wajib Dikenal! Inilah 5 Makanan Khas Daerah Beserta Asalnya

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.