Kenali 10 Khas Makanan Daerah yang Lezat dan Gurih

Kenali 10 Khas Makanan Daerah yang Lezat dan Gurih
ilustrasi

Ogniwo Artikel – Saat ini sudah banyak sekali khas makanan daerah memiliki cita rasa luar biasa enak, jadi tidak heran jika saat ini masih banyak peminatnya. Mengapa makanan khas Indonesia terkenal enak? Karena penggunaan bumbu rempah beragam akan menimbulkan rasa yang lezat, mulai dari manis, asam, asin, gurih, dan pahit. Rempah yang sering digunakan untuk memasak meliputi cabai, kunyit, bawang merah, jahe, lengkuas, bawang putih, pala, kemiri, dan asam jawa.

Segelintir bumbu yang digunakan untuk memasak tersebut bisa membuat cita rasa makanan berkuah enak. Selain model makanan berkuah, masih banyak kuliner Indonesia yang menyajikan rasa pedas gurih bercampur menjadi satu. Wah jadi penasaran nih, apa saja kira-kira contoh makanan khas Indonesia berdasarkan asalnya. Berikut ini kuliner yang wajib Anda kunjungi saat berkunjung ke beberapa daerah yang ada di Indonesia.

Pempek Dari Sumatera Selatan

Saat membahas 5 makanan khas daerah beserta asalnya, pempek rasanya tidak pernah ketinggalan menjadi hidangan yang lezat dari Sumatera Selatan. Siapa sih yang tidak kenal dengan makanan khas dari kota Palembang ini? Walaupun bahannya berasal dari ikan dan tepung yang dicampur menjadi satu, nyatanya pempek masih menjadi makanan favorit diseluruh Indonesia lho. Sudah banyak sekali food vlogger yang mereview makanan lezat satu ini!

Pempek biasanya disajikan bersama dengan cuko yang berwarna hitam pedas. Bahkan masyarakat Sumatera Selatan ada yang mengonsumsi pempek bersama dengan cuko untuk sarapan sebelum memulai aktivitas. Cita rasa cuko makin lezat karena terbuat dari rempah Indonesia seperti asam jawa dan cabe yang bisa menciptakan sensasi nikmat. Ada beberapa jenis pempek seperti pempek kapal selam, pempek panggang, hingga pempek rebus.

Sate Hotplet Khas Batu Malang

Ketika Anda mengunjungi wisata malam Batu Malang, maka akan menemukan kuliner lezat sate hot plate satu ini. Bagi Anda yang ingin mencoba olahan sate kelinci non kaki lima, maka bisa meluangkan waktu sebentar untuk mampir ke resto Sate Hotplet. Uniknya, sate kelinci nantinya disajikan di atas hot plate, jadi pembeli bisa menyantapnya dalam keadaan hangat. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menemukan sate maranggi dan olahan daging berkuah seperti sop buntut.

Rujak Cingur

Masih dalam kawasan wisata Batu Malang terbaru 2020, Anda bisa mencoba kuliner rujak cingur yang lokasinya ada di Jalan Sakura 20A, Pesanggrahan. Warung rujak cingur ini selalu saja ramai diserbu oleh pembeli bahkan sampai rela mengantre. Menu favorit dari pengunjung tentu saja rujak cingur yang terdiri atas isian bumbu petis melimpah. Isi rujak cingur meliputi sayuran, tempe goreng, nanas, lontong, tahu goreng, dan cingur. Tertarik mencobanya?

Rendang Dari Sumatera Barat

Siapa sih yang tidak kenal dengan khas makanan daerah Sumatera Barat satu ini? Bahkan sudah hampir di beberapa daerah di Indonesia sudah tersedia warung nasi padang. Ada salah satu menu yang sering kali ditemui pada restoran makan Padang, yakni rendang. Menu tersebut terdiri atas potongan daging yang lembut dan kenyal dengan dibalut saus bumbu yang memberikan cita rasa nikmat sekali. Daging rendang tentunya terbuat dari daging sapi yang lembut dan tebal.

Tunggal Ika Khas Bangil

Jika dilihat dari namanya Tunggal Ika, memang cukup unik bukan? Saat Anda berkunjung ke kota Bangil maka wajib mencoba makanan khas Bangil ini. Menu yang terkenal memang hanya bakso dan mie lezat, namun cita rasanya sangat luar biasa. Sangking enaknya, tempat makan ini masih terkenal mulai dari tahun 1996. Baksonya berisi pentol dengan daging yang lembut dan mie-nya juga tebal dan lembut. Ditambah dengan cita rasa kuahnya, kuliner ini khas dan nikmat.

Nasi Gudeg Khas Yogyakarta

Gudeg termasuk dalam 3 makanan tradisional yang terkenal dan populer berasal dari Yogyakarta. Kuliner gudeg terdiri atas campuran rasa pedas dan manis menjadi satu. Yang lebih menariknya lagi, gudeg biasanya disajikan dengan komposisi telur, nasi putih, krecek, dan ayam. Biasanya ada konsumen yang lebih suka menambahkan sambal atau cabe untuk menambah cita rasa gudeg semakin nikmat dan terasa. Jadi Anda tertarik mencoba menu makanan Yogya ini?

Soto Banjar dari Kalimantan

Soto hingga saat ini menjadi primadona makanan berkuah di Indonesia. Cita rasa dari kuah soto memang terkenal sangat nikmat apalagi jika ditambahkan dengan nasi. Indonesia sendiri memiliki banyak jenis soto, mulai dari soto Betawi dari Jakarta, soto Lamongan khas Jawa Timur, soto Banjar dari Kalimantan, dan soto Kudus dari Jawa Tengah. Berbeda dengan khas soto lainnya, soto Banjar memiliki aroma rempah seperti biji pala, kayu manis, dan cengkeh.

Dalam pembuatannya, soto Banjar juga bisa menggunakan campuran susu agar warnanya bisa menjadi keruh. Biasanya soto Banjar sendiri disajikan dengan menggunakan perkedel dan telur rebus sebagai bahan pelengkapnya. Tidak lupa juga tambahkan jeruk nipis agar rasa soto semakin segar dan nikmat.

Laksa Bogor

Kuliner laksa Bogor memang begitu populer di kalangan wisatawan saat berkunjung ke Puncak. Laksa Bogor sendiri termasuk dalam tempat makan murah di puncak yang tampilannya memang agak mirip dengan laksa Betawi. Apa bedanya laksa Bogor dengan laksa Betawi? Laksa Bogor biasanya dicampur dengan oncom tanpa menggunakan mie kuning. Kuahnya memang terkenal segar dan hangat saat disantap masuk ke dalam tubuh ketika malam hari tiba.

Laksa Bogor terkenal memiliki tekstur yang agak kasar dengan dibaluti parutan kelapa. Laksa Bogor sendiri terdiri atas telur rebus, tahu kuning, dan taburan serundeng yang nantinya disiram dengan kuah bening yang sangat menyegarkan. Tidak hanya menyajikan kuliner yang enak, namun tempat makan yang ada di Bogor terkenal sebagai tempat makan view bagus.

Campor Lorjuk dari Madura

Anda pernah menonton serial film Aruna? Nah dalam film tersebut ada salah satu makanan khas Indonesia yang diangkat yaitu campor lorjuk dari Madura. Walaupun makanan satu ini masih asing untuk sebagian orang, nyatanya campor lorjuk sebenarnya sudah lama menjadi makanan khas yang berasal dari Madura. Lorjuk sebenarnya sebuah karang laut bercangkang yang panjang tubuhnya mencapai 3 cm dan sering kali diolah menjadi pepes.

Air yang dihasilkan dari rebusan lorjuk nantinya akan diolah menjadi petis. Lorjuk juga bisa dicari dari balik batu dan pasir yang ada di dasar laut. Biasanya masyarakat banyak yang memanfaatkan kondisi laut yang surut 2-3 jam untuk mencari lorjuk.

Soto Rawon

Jawa Timur juga memiliki makanan daerah yang kaya rasa yaitu soto rawon. Warna hitam kecoklatan yang dimiliki rawon memang berasal dari keluak atau buah pohon kepayang. Sebelum dimasak, maka keluak harus terlebih dahulu direbus kemudian diperam dalam abu selama dalam kurun waktu 1 bulan.

Selain keluak, soto rawon juga dibuat dengan bumbu lain seperti kemiri, jahe, cabai merah, garam, dan kunyit. Tidak heran jika soto rawon menjadi khas makanan daerah yang lezat dan menggugah selera. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.