Makanan Tradisional yang Sehat, Bebas Lemak dan Kolesterol!

makanan tradisional

Ogniwo Artikel – Zaman telah berubah, begitu pula dengan budaya yang semakin banyak berubah akibat adanya globalisasi makanan tradisional mulai tersingkirkan. Anak-anak milenial sekarang cenderung lebih menyukai hal-hal yang berbau western atau kebarat-baratan, termasuk masalah makanan. Tidak hanya anak muda, orang dewasa pun banyak yang lebih sering mengonsumsi junk food dan fast food.

Kebiasaan ini tentu tidak baik untuk kesehatan. Padahal, Indonesia juga memiliki banyak makanan tradisional yang nikmat dan sehat bagi tubuh. Selama ini mungkin kesan kita terhadap khas makanan daerah dikutip dari berita parigi moutong adalah makanan yang banyak mengandung santan, berlemak, berdaging, hingga berkolesterol.

Akan tetapi, di artikel ini kamu akan mengetahui bahwa Indonesia juga memiliki beragam makanan tradisional yang sehat. Ini di 3 makanan tradisional khas Indonesia yang baik bagi kesehatan!

3 Makanan Tradisional yang Menyehatkan!

  1. Karedok

Karedok sering dianggap mirip dengan Gado-gado. Makanan ini berasal dari Jawa Barat yang memadukan beragam jenis sayuran segar yang mengandung banyak mineral dan nutrisi lainnya. Sayuran ini terdiri dari kubis, tauge, kacang tanah, dan timun yang selanjutnya akan disiram dengan bumbu kacang.

  1. Gado-gado

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, sekilas, Gado-gado dan Karedok tampak mirip. Perbedaan yang kentara adalah pada proses memasaknya.

Pada Gado-gado, sayuran yang dipakai harus direbus terlebih dahulu. Lain halnya dengan Karedok yang tidak perlu memasak sayurannya, sehingga bisa dibilang Karedok memiliki nutrisi yang lebih banyak.

Akan tetapi, bukan berarti Gado-gado tidak memiliki banyak nutrisi seperti Karedok karena nyatanya sayuran yang dimasak tidak melalui proses panjang.

Gado-gado adalah salah satu makanan tradisional yang sehat dengan modal paling terjangkau apabila kamu ingin membuatnya. Sayuran yang dipakai pun mudah ditemukan di pasar, seperti selada, kangkung, wortel, tahu, tempe, kubis, tauge, dan sayuran lainnya

Sama seperti Karedok, sayuran-sayuran yang sudah direbus ini nantinya akan disiram dengan bumbu kacang yang manis dan gurih.

  1. Sayur Bayam

Sayur bayam adalah makanan tradisional Indonesia yang paling umum. Makanan ini setidaknya pernah menjadi menu harian kamu di rumah.

Selain enak, sayur bayam juga mengandung banyak sekali vitamin, mineral, dan kandungan nutrisi lainnya. Seperti yang kita ketahui, sayuran hijau seperti pada kangkung dan bayam memiliki banyak kandungan zat besi di dalamnya.

Proses memasaknya pun sangatlah mudah. Bahan-bahan yang kamu perlukan hanyalah bawang putih, bawang merah, cabe merah, dan tomat. Semua bahan-bahan ini diiris tipis-tipis.

Selanjutnya, kamu tinggal memasukkan sayur bayam ke dalam air yang sudah mendidih bersama dengan bahan yang sudah diiris tadi. Untuk menambah cita rasa, silakan beri sejumput garam dan gula sesuai selera kamu.

Akan tetapi, kamu juga perlu memperhatikan proses memasaknya. Bayam adalah jenis sayuran hijau yang mudah layu dan ini juga berlaku ketika direbus. Jangan terlalu lama merebusnya karena bayam nanti akan kehilangan nutrisinya.

Itu dia 3 makanan tradisional yang dapat menyehatkan tubuh. Mulai sekarang, biasakanlah untuk memakan makanan yang lebih sehat. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.