Wajib Dikenal! Inilah 5 Makanan Khas Daerah Beserta Asalnya

Wajib Dikenal! Inilah 5 Makanan Khas Daerah Beserta Asalnya

Ogniwo Artikel – Sesuai namanya, makanan khas selalu memiliki cita rasa yang unik dari setiap daerah, apalagi di Indonesia. Untuk melestarikan budaya kuliner agar tidak tergantikan oleh makanan modern, Anda wajib mengenal beberapa makanan khas tersebut. Bahkan tak jarang ada juga makanan khas daerah yang dimodifikasi. Inilah 5 makanan khas daerah beserta asalnya yang wajib Anda ketahui:

  1. Kerak Telor dari Jakarta

Makanan khas ini tentu sudah tidak asing lagi di telinga Anda, khususnya masyarakat Jakarta dan sekitarnya. Kerak telor terbuat dari bahan dasar beras ketan putih dan telur ayam. Biasanya Anda akan menemukan penjual keliling kerak telor di jalanan, bahkan tak jarang mereka menjajakan dagangan dengan cara dipikul. Proses pembuatannya dengan cara membalikkan wajan saat kerak telor dalam keadaan matang.

Bacaan Lainnya
  1. Gudeg dari Yogyakarta

Gudeg menjadi makanan ikon di kota Yogyakarta. Makanan khas Gudeg ialah sejenis sayur yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan dengan proses yang lama. Biasanya gudeg disajikan dengan nasi panas, kuah santan kental, ayam kampung, telur, dan sambal krecek.

  1. Bika Ambon dari Sumatera Utara

Daftar 5 makanan beserta asalnya, selanjutnya yakni Bika Ambon. Bika Ambon banyak dijual di Medan sebagai oleh-oleh. Bika Ambon ialah sebuah kue berwarna kuning yang memiliki tekstur lembut dan manis.

Bahan utama yang digunakan pada kue ini yakni tepung tapioka, telur, gula, dan santan. Kini telah banyak variasi baru dan rasa yang menarik, seperti rasa pandan, durian, kerju, hingga coklat. Bika Ambon biasanya dimasak selama kurang lebih 12 jam, dan bisa tahan hingga empat hari.

  1. Pempek dari Sumatera Selatan

Contoh makanan khas daerah selanjutnya yakni Pempek. Tepatnya di Kota Palembang, Anda bisa menikmati pempek dengan rasa khas dan enak, membuat siapa saja yang mencicipi selalu kembali untuk menikmatinya lagi. Pempek ialah makanan dari olahan ikan yang dicampur dengan sagu, kemudian dilengkapi kuah cuka yang sangat menggugah selera.

  1. Papeda dari Papua

Makanan khas Indonesia ini terbuat dari sagu yang harus dimasak selama beberapa menit sampai tekstur berubah menjadi bubur. Bubur ini memiliki tekstur yang agak lengket yang terasa hambar. Tentu ini menjadi tantangan makanan khas daerah yang kurang pas di lidah semua orang. Namun bagi sebagian orang tentu akan terasa nikmat dan menggugah selera jika dilengkapi dengan ikan kuah pedas dan sayur-sayuran.

Itulah 5 makanan khas daerah beserta asalnya yang wajib Anda kenali. Minimal dengan berkenalan, Anda akan lebih mudah untuk mempertahankan makanan khas daerah agar tidak tergantikan oleh makanan modern yang kian marak. Tak hanya itu bahkan Anda bisa membuat modifikasi makanan tersebut agar kekinian tanpa meninggalkan kesan budaya kuliner yang melekat. (*)

Baca Juga: Cobain 5 Makanan Berkuah Enak Ini Cocok Nemenin Kamu Saat Hujan!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.